Sakagawea (wanita petualang yang menjelajahi Amerika Barat sampai  Samudra Pasifik).

Sakagawea (Sacagawea, atau Sakakawea, Sacajawea) adalah wanita Shoshone yang membantu Meriwether Lewis dan William Clark  dalam petualangan mereka menjelajahi wilayah Amerika Barat, berjalan sejauh ribuan mil dari Dakota Utara sampai Samudera Pasifik antara tahun 1804 dan 1806. Dia diberi julukan “Janey” oleh beberapa anggota ekspedisi.
Sakagawea menjadi istri Toussaint Charbonneau, seorang pemburu dari Perancis yang tinggal di desa Hidatsa. Sakagawea mengandung puteranya yang pertama ketika Corps of Discovery tiba di dekat desa Hidatsa untuk melewati musim dingin pada tahun 1804-1805. Kapten Meriwether Lewis dan William Clark membangun Benteng Mandan  dan bercakap-cakap dengan beberapa pemburu yang mungkin dapat menjadi penerjemah atau pemandu untuk melanjutkan ekspedisi menelusuri sungai pada musim semi.
Lewis dan Clark menyewa Charbonneau dan Sakagawea sebagai pemandu mereka. Dalam ekspedisi, Sakagawea banyak membantu Lewis dan Clark. Pada tanggal 14 Mei tahun 1805, Sakagawea menyelamatkan barang-barang penting yang terjatuh saat perahu terbalik, termasuk jurnal dan cataan dan dijaga Lewis dan Clark. Pemimpin ekspedisi memuji tindakannya dan pada tanggal 20 mei, sebuah sungai diberi nama “Sakagawea” sebagai tanda kehormatan.
Menurut Bonnie Butterfield, dokumen sejarah menyatakan Sakagawea meninggal pada tahun 1812.

Awal Hidup

Penjelajah Meriwether Lewis dan William Clark mengidentifikasi Sacagawea sebagai satu wanita dari "Ular" (Shoshoni) bangsa. Penjelajah Meriwether Lewis dan William Clark diidentifikasi Sacagawea sebagai seorang wanita bangsa "Ular" (Shoshoni). Shoshoni (juga Shoshone) tinggal di dalam Idaho, bagian dari Utah dan bagian dari Nevada Utara, dan ini diyakini bahwa Sacagawea lahirkan di sekitar 1787 pada Idaho Sebelah Timur. Shoshoni (juga Shoshone) tinggal di Idaho, Utah bagian Utara dan bagian Nevada, dan diyakini bahwa Sacagawea lahir sekitar 1787 di Kawasan Timur Idaho. Sebagai satu orang pemudi dari sekitar 10 atau 11, dia ditangkap oleh satu band gerebek dari suku Hidatsa dan mengambil untuk berkemah mereka dekat perbatasan dari Dakota Utara. Sebagai seorang gadis muda sekitar 10 atau 11, Utara ia ditangkap oleh rampok dari suku Hidatsa dan dibawa ke kamp mereka di dekat perbatasan Dakota. Dia adalah kemudiannya terniaga ke dalam perbudakan dengan Sungai Missouri Mandans. Dia kemudian dijual ke perbudakan dengan Sungai Missouri Mandans.

Padahal, Sacagawea dijual (atau mungkin dimenangi pada satu taruhan) ke satu pedagang bulu Orang Perancis Kanada bernama Toussaint Charbonneau. Akhirnya, Sacagawea dijual (atau mungkin menang dalam kontrak) untuk pedagang bulu Prancis Kanada bernama Toussaint Charbonneau. Keterangan historis seperti ke ketika Charbonneau mengambil Sacagawea seperti istrinya adalah dalam garis besar dan kadang kala plin-plan. Informasi historis untuk ketika Charbonneau mengambil Sacagawea sebagai istrinya adalah samar dan kadang kadang tidak konsisten. Lewis dan jurnal Clark terperinci tunjuk ke Sacagawea seperti istrinya Charbonneau pada satu masukan menanggali 4 November, 1804. Lewis Dan Clark Jurnal Khusus Mengacu Kepada Sacagawea Sebagai Istri Charbonneau Dalam Entri Tanggal 4 Nopember 1804.

Disewa oleh Lewis dan Clark Disewa Oleh Lewis Dan Clark
 
Selama musim dingin dari 1804, Lewis dan Kesatuannya Clark dari Penemuan penampungan sementara di Benteng Mandan di Utara Dakota, dimana Charbonneau adalah juga pakai musim dingin dengan istrinya. Selama musim dingin 1804, Kesatuan Lewis dan Clark dari Penemuan berkemah di Meneruskan Mandan Di Dakota Utara, di mana Charbonneau juga menghabiskan musim dingin dengan istrinya. Sacagawea akan 15 tahun usia dan enam bulan hamil. Sacagawea sekitar 15 tahun dan enam bulan hamil. Sacagawea memberikan kelahiran ke satu anak lelaki (Baptiste Charbonneau kain drill) di Mandan Benteng, 11 Februari, 1805. Sacagawea melahirkan seorang anak laki laki (Baptiste Charbonneau kain drill) di Meneruskan Mandan, 11 Februari 1805.

Charbonneau disewa untuk memandu kedua-duanya dan setengah tahun Lewis dan ekspedisi Clark ke Barat Laut Tenang, sehubungan dengan pengetahuannya dari negara dimana dia menjerat. Barat Laut Tenang Charbonneau dipekerjakan untuk memandu Lewis dan dua setengah tahun dan ekspedisi Clark ke, karena pengetahuannya tentang negara di mana ia terjebak. Toussaint adalah juga pembicara di Perancis dan Hidatsa. Toussaint juga fasih dalam bahasa Prancis dan Hidatsa.

Sacagawea, siapa diucapkan keduanya Shoshoni dan Hidatsa, direkrut sebagai satu "penterjemah melalui Toussaint." Sacagawea, yang berbicara baik Shoshoni dan Hidatsa, direkrut sebagai "penerjemah melalui Toussaint." Dia terperinci diarah untuk membawakan Sacagawea, dengan anak lelaki dia. Dia secara khusus diinstruksikan untuk membawa Sacagawea, dengan putranya. Buat-buatan dari satu wanita dan bayi akan mendirikan sifat alami tenang dari pihak. Kehadiran seorang wanita dan bayi akan menetapkan sifat damai partai. Juga, satu penerjemah Orang Pribumi dan perunding dengan pengetahuan dari bahasa, kebiasaan dan suku dari negara adalah penting. Juga, seorang penerjemah dan negosiator asli dengan pengetahuan, bahasa dan adat suku suku negara itu penting.

Penerjemah dan Pemandu dan Panduan 

Meninggalkan Utara Dakota dan bepergian melalui sekarang ini Montana, Idaho, Washington, dan Oregon, Sacagawea buktikan satu pemandu tidak ternilai. Utara Meninggalkan Dakota Dan Perjalanan Melalui Montana Masa Kini, Idaho, Washington, dan Oregon, Sacagawea terbukti menjadi panduan berharga. Dia memimpin untuk negaranya sendiri, yang dia mempunyai tidak paham selama bertahun-tahun. Dia memimpin jalan ke negara sendiri, yang ia tidak bertemu selama bertahun tahun.

Pengetahuan dia dari tanah lapang dan puncak gunung menabung minggu dari waktu bepergian. Pengetahuan tentang medan dan gunung melewati disimpan minggu waktu perjalanan. Ketika makanan adalah langka sepanjang jalan kecil, Sacagawea mengajari orang-orang bagaimana caranya mengumpulkan biji kacang, buah beri dan pabrik yang dapat dimakan yang lain tadi tidak diketahui ke mereka. Ketika makanan langka di sepanjang jalan, Sacagawea mengajar orang bagaimana mengumpulkan kacang kacangan, buah dan tanaman lainnya yang dapat dimakan yang sebelumnya tidak mereka ketahui. Ketika ekspedisi yang hadapi satu suku dari Shoshone memimpin oleh saudara dia, Sacagawea memperoleh makanan, kuda, dan pemandu tambahan, yang diijinkan penjelajah untuk berlanjut. Ketika ekspedisi mengalami suku Shoshone dipimpin oleh saudara laki lakinya, Sacagawea memperoleh makanan, kuda, dan panduan tambahan, yang memungkinkan para penjelajah untuk melanjutkan.

Sacagawea adalah legendary untuk ketekunan dia dan kepanjangan daya akal. Sacagawea yang legendaris karena ketekunan dan akal.

Dengan bayi anak lelaki dia batasan ke dia belakang, dia menolong Kapten jurnalnya Clark dari Missouri Whitewater ketika kapal laut mereka telangkup. Dengan anak bayinya terikat ke belakang, dia diselamatkan jurnal Kapten Clark dari arung Missouri ketika perahu mereka terbalik. Kalau dia yang tidak telah, banyak rekaman dari yang pertama tahun dari ekspedisi akan telah kehilangan ke riwayat. Jika dia tidak, banyak catatan tahun pertama ekspedisi akan dari sejarah missing.

Kontribusi dia jauh melebihi harapan dari keduanya Lewis dan Clark. kontribusi nya jauh melebihi harapan dari kedua Lewis dan Clark. Sacagawea dan bayi dia dilayani sebagai satu "berkibar putih" dari damai untuk ekspedisi, yaitu sebanyak satu ekspedisi militer sebagai satu sesuatu ilmiah. Sacagawea dan bayinya menjabat sebagai "bendera putih" perdamaian untuk ekspedisi, yang lebih merupakan ekspedisi militer sebagai satu ilmiah. Mereka memasuki berpotensi sumur wilayah bermusuhan bersenjata, tapi undermanned, dibandingkan ke suku mereka menjumpai. Mereka memasuki wilayah yang berpotensi baik bermusuhan bersenjata, tetapi undermanned, dibandingkan dengan suku suku mereka bertemu.

Karena tidak ada pesta perang adalah selalu ditemani oleh satu wanita dan bayi, tanggapan dari suku adalah kecurigaan, tidak agresi. Karena tidak ada pihak perang yang pernah disertai oleh seorang wanita dan bayi, tanggapan dari suku suku itu rasa ingin tahu, bukan agresi. Tidak anggota tunggal dari pihak kehilangan ke aksi bermusuhan. Tidak satu mempermainkan kata-mengata anggota partai telah untuk tindakan bermusuhan missing.

Sacagawea dan Charbonneau tersisa di Utara Dakota ketika ekspedisi kembali ke Missouri pada 1806. Utara Sacagawea dan Charbonneau tetap di Dakota Ketika Ekspedisi Kembali Ke Missouri Pada Tahun 1806.

Dihormati oleh Lewis dan Clark Dihormati Oleh Lewis Dan Clark
Sementara jurnalnya Lewis membuat sangat kecil sebut dari Sacagawea, Clark dengan cermat terperinci kontribusinya ke sukses dari perjalanan. Sementara jurnal Lewis menyebutkan sangat sedikit Sacagawea, Clark hati hati rinci kontribusi ke keberhasilan perjalanan. Lewis & Clark menyebutkan satu sungai "Sacagawea" di dia hormati. Lewis & Clark Bernama Sebuah Sungai "Sacagawea" untuk menghormatinya.

Kematian kematian
Satu yang sengketa telah amuk untuk dekat-dekat satu abad, mengaitkan nasibnya Sacagawea mengikuti ekspedisi. sengketa satu memiliki terjadi selama hampir satu abad, tentang nasib Sacagawea menyusul ekspedisi.

Satu status rekening yang Sacagawea mati disebabkan satu demam di umur 25, dan bahkan rekeningnya Clark dari anggota dari tanda ekspedisinya dia sebagai mati. Satu menyatakan menghitung yang Sacagawea meninggal karena demam pada usia 25, dan bahkan rekening Clark dari anggota ekspedisi tandai sebagai mati.

Rekening asli, terutama riwayat lisan Shoshoni, punyakah Sacagawea mengawini beberapa times lagi, mempunyai sejumlah anak-anak, dan rapat atas dengan anak lelaki Kain Drill dia Baptiste di Sungai Angin, Wyoming. hitung asli, terutama Shoshoni sejarah lisan, memiliki Sacagawea menikah beberapa kali lagi, memiliki jumlah anak, Kain Drill dan bertemu dengan anaknya Baptiste Di Memutar Sungai, Wyoming. Wanita ini mati di umur 96, dan dimakamkan pada kuburan putih di Ft. Wanita ini meninggal pada usia 96, dan dimakamkan di pemakaman putih di Ft. Washakie sebagai satu pertunjukan final dari hormat untuk dia usaha di kepentingan dari keduanya Lewis & Clark, dan orang-orangnya sendiri. Washakie sebagai menunjukkan akhir menghormati upaya di nama kedua Lewis & Clark, dan bangsanya sendiri. Satu monumen dibatang di dia hormati di gravesite dia. Sebuah monumen dibangun untuk menghormati nya di kuburan dia.

Lain-lain tagihan hutang bahwa teori ini meningkatkan melalui keadaan dari salah memengira identitas, dan yang di situ adalah bukti dalam bentuk dokumen pasti jejak itu satu kronologi lengkap dari hidup dia, dengan meyakinkan menempatkan dia di Manuel Benteng (Selatan Dakota), pada saat kematian dia, 20 Desember, 1812. Membohongi mengklaim bahwa teori ini berkembang melalui situasi kesalahan identitas, dan bahwa ada bukti dokumenter yang menentukan bahwa jejak kronologi lengkap hidupnya, secara meyakinkan menempatkan dirinya di Meneruskan Manuel (Selatan Dakota), pada saat kematiannya, 20 Desember 1812.

Ceritanya Sacagawea akan mengubah tergantung kepada rekening kamu sedang membaca, bagian dari negara kamu berada di dalam, dan bagian warisan dari pengarang dari cerita. cerita Sacagawea akan berubah tergantung pada menghitung Anda Baca, bagian dari negara Anda, dan warisan dari penulis cerita. Setelah jalan lintasan dari sekian banyak waktu, ini tidak mungkin bahwa gerakan dia setelah dia meninggalkan St. Louis selalu akan diketahui dengan kepastian. Setelah berlalunya waktu begitu banyak, tidak mungkin bahwa gerakan setelah ia meninggalkan St Louis pernah akan diketahui dengan pasti.

Sacajawea?-Sakakawea?-Sacagawea? Sacajawea Sakakawea?-?-Sacagawea?
Berbagai ahli sejarah menidakkan berlalu asal usul, ejaan, pengucapan kata-kata, dan berarti dari namanya. Berbagai sejarawan tidak setuju atas derivasi, ejaan, pengucapan, dan makna namanya.

Untuk mengutip dari satu penerbitan terbaru: untuk kutipan dari publikasi terbaru:
"…Diterjemahkan, dia menyebutkan berarti "Wanita burung," dan pada coba mereka untuk mengeja perkataan Indian, Lewis dan Clark mempergunakan variasi dari "Sah ca gah ah kita" dan "Sah kah gar kita satu." (Pada 1814, ketika satu versi dari jurnal tampak, satu editor mengubah ejaan ke Sacajawea, yaitu ejaan disukai hingga baru-baru ini, ketika paling penerbitan ahli sejarah dan pejabat reverted kembali Sacagawea.)" (Sumber: "Lewis & Clark. Perjalanan dari Kesatuan dari Penemuan. Satu Menggambarkan Riwayat," oleh Dayton Duncan dan Ken Bakar. New york: Alfred A. Knopf, 1997. Halaman 92.) Referensi tambahan ke ejaan Sacagawea dapat ditemukan di Stephen E. Ambrose "Keberanian tidak gentar" (Simon & Schuster, 1996). "... Diterjemahkan, namanya berarti" Wanita Burung, "Orang Indian dan dalam upaya mereka untuk mengeja kata kata, Lewis dan Clark digunakan variasi" Sah ca Gah kita ah "dan" Sah kah gar kita satu. " (Pada tahun 1814, ketika sebuah versi dari jurnal muncul, mengubah ejaan untuk Sacajawea editor, yang merupakan ejaan disukai sampai saat ini, ketika sebagian besar sejarawan dan publikasi resmi dikembalikan kembali ke Sacagawea.)" (Sumber: "Lewis & Clark Sejarah. Perjalanan Korps, Penemuan Satu. Ilustrasi "oleh Dayton Duncan dan Ken Bakar:. Knopf new york, 1997. Halaman Alfred 92. A.) referensi tambahan untuk ejaan Sacagawea dapat ditemukan dalam E. Stephennya Ambrose" Keberanian gentar" (Simon & Schuster, 1996). 

Walau bakat mereka untuk ejaan terinspirasi menciptakan beberapa variasi penarik perhatian, pada tiap-tiap kejadian, meliputi tiga ejaan tambahan pada petanya Clark, semua tiga jurnalis yang mencoba menulisnya adalah konsisten pada penggunaan dari satu "g " pada suku kata ketiga. Meskipun bakat mereka untuk ejaan terinspirasi membuat beberapa variasi menarik, di setiap contoh, incl. tiga ejaan tambahan pada peta Clark, semua tiga wartawan yang mencoba untuk menulis itu adalah konsisten dalam penggunaan "g " pada suku kata ketiga.

Lewis berikan tidak hanya terjemahannya dari ejaan dari dia menyebutkan kecuali juga artinya. Lewis tidak hanya memberikan penafsiran tentang ejaan namanya tapi juga artinya. Masukan jurnalnya untuk 20 Mei, 1805, bacaan: "satu sungai tampan dari sekitar lima puluh pekarangan terukur membebaskan sendiri ke dalam kulit [Mussellshell] sungai... ini mengalirkan kita memanggil Sah Ca Gah kita ah atau wanita burung Sungai, setelah penterjemah kita wanita Ular." jurnal Nya untuk Mei 20, 1805 berbunyi: "jangka sungai tampan kulit dengan lebar sekitar lima puluh dibuang sendiri ke [Mussellshell] sungai... arus ini kita disebut wanita Sah ca Gah kita ah atau burung Sungai, setelah penerjemah kami Ular wanita. "

Lewis dan riwayat sarjana Clark, bersama-sama dengan Ilmu Bumi KITA Menyebutkan Papan, Taman Pelayanan Nasional KITA, Ilmu Bumi Nasional Masyarakat, Kumpulan Dokumen Tentang As Encyclopedia, dan Buku Dunia Encyclopedia, antara orang lain, telah mengadopsi Sacagawea bentuk. Lewis dan ahli sejarah Clark, bersama dengan Dewan Nama Geografis Seperti, Taman Pelayanan Nasional kita, Masyarakat Ilmu Bumi nasional, Encyclopedia kumpulan dokumen tentang as, Dunia Buku dan Encyclopedia, antara berada, telah mengadopsi bentuk Sacagawea.

Biro dari Etnologi Amerika, seawal 1910 telah mestandarkan Sacagawea mengeja di dalamnya penerbitan. Etnologi Amerika biro pena, pada awal tahun 1910 telah standar ejaan Sacagawea dalam publikasi. Ini dilafalkan sä - cä ´ gä - kita - ä, dengan satu keras "g." Hal ini diucapkan sa cä ' gä - kita - ä, dengan keras "g."

Berlalu tahun, sejumlah coba ilmu bahasa untuk menerjemahkan kegaiban dari nama dia telah diterbitkan. Selama bertahun tahun, sejumlah upaya linguistik untuk memecahkan misteri namanya telah dipublikasikan.

Shoshoni mendukung tagihan hutang dia seperti "Sacajawea" (pengucapan sak ´ ä - jä - kita - ä), suatu format dari dia menyebutkan yang mana telah jadi secara luas memopulerkan keduanya di ejaan dan pengucapan kata-kata, terutama pada Barat Jauh. Shoshoni pendukung mengklaim dirinya sebagai "Sacajawea" (diucapkan sak ' ä - ja kita - ä), suatu bentuk namanya yang telah menjadi secara luas dipopulerkan baik dalam ejaan dan pengucapan, terutama di Barat Jauh.

Pimpinan ini ke kerumitan bagaimanapun, karena nama dia jangan spelled "Sacajawea" oleh dia jaman ini selama seumur hidup dia. Hal ini menyebabkan komplikasi Namun, karena namanya tidak pernah dieja "Sacajawea" oleh rekan nya selama hidupnya. Lebih dari itu, "Sacajawea" tuduhan memaksudkan padanan dari "peluncur kapal laut" atau "orang ambisius kapal laut" di Shoshoni, bantah yang Lewis dan primernya Clark dokumentasi, "wanita burung." Selain itu, "Sacajawea" diduga berarti setara dengan "peluncur perahu" atau "pendorong perahu" di Shoshoni, yang bertentangan dengan Lewis dan dokumentasi utama Clark, "wanita burung."

"Sacajawea" mengeja memperoleh dari 1814 naratif dari perjalanan, teredit oleh Nicholas Biddle. Biddle mengerjakan dari aslinya kapten masukan jurnal tulisan tangan, membenarkan ejaan dan nahu, dan pada hakekatnya memudahkan banyak harian masukan. "Sacajawea" ejaan berasal dari narasi 1814 dari perjalanan, diedit oleh Nicholas Biddle bekerja. Biddle dari ' asli tulisan tangan kapten entri jurnal, mengoreksi ejaan dan tata bahasa, dan secara substansial memudahkan banyak entri harian. Biddle berikan tidak ada teka-teki seperti ke kenapa dia memutuskan pada saat "Sacajawea" ejaan, ketika semua dokumen primer siap ke dia spelled nama dengan satu "g." Biddle memberi petunjuk tidak seperti mengapa ia memutuskan pada ejaan "Sacajawea", ketika semua dokumen utama yang tersedia baginya nama dieja dengan "g." Kelihatannya, satu-satunya landasan ejaannya nama dengan satu "j " adalah hak istimewa editorial. Tampaknya, satu satunya dasar nya ejaan nama dengan "j " adalah hak prerogatif redaksi. 

0 comments:

Posting Komentar