Sakagawea (wanita petualang yang menjelajahi Amerika
Barat sampai Samudra Pasifik).
Sakagawea menjadi istri Toussaint Charbonneau, seorang pemburu dari Perancis yang tinggal di desa Hidatsa. Sakagawea mengandung puteranya yang pertama ketika Corps of Discovery tiba di dekat desa Hidatsa untuk melewati musim dingin pada tahun 1804-1805. Kapten Meriwether Lewis dan William Clark membangun Benteng Mandan dan bercakap-cakap dengan beberapa pemburu yang mungkin dapat menjadi penerjemah atau pemandu untuk melanjutkan ekspedisi menelusuri sungai pada musim semi.
Lewis dan Clark menyewa Charbonneau dan Sakagawea sebagai pemandu mereka. Dalam ekspedisi, Sakagawea banyak membantu Lewis dan Clark. Pada tanggal 14 Mei tahun 1805, Sakagawea menyelamatkan barang-barang penting yang terjatuh saat perahu terbalik, termasuk jurnal dan cataan dan dijaga Lewis dan Clark. Pemimpin ekspedisi memuji tindakannya dan pada tanggal 20 mei, sebuah sungai diberi nama “Sakagawea” sebagai tanda kehormatan.
Menurut Bonnie Butterfield, dokumen sejarah menyatakan Sakagawea meninggal pada tahun 1812.
Awal Hidup
Penjelajah Meriwether Lewis dan William Clark mengidentifikasi
Sacagawea sebagai satu wanita dari "Ular" (Shoshoni) bangsa.
Penjelajah Meriwether Lewis dan William Clark diidentifikasi Sacagawea sebagai
seorang wanita bangsa "Ular" (Shoshoni). Shoshoni (juga Shoshone)
tinggal di dalam Idaho, bagian dari Utah dan bagian dari Nevada Utara, dan ini
diyakini bahwa Sacagawea lahirkan di sekitar 1787 pada Idaho Sebelah Timur.
Shoshoni (juga Shoshone) tinggal di Idaho, Utah bagian Utara dan bagian Nevada,
dan diyakini bahwa Sacagawea lahir sekitar 1787 di Kawasan Timur Idaho. Sebagai
satu orang pemudi dari sekitar 10 atau 11, dia ditangkap oleh satu band gerebek
dari suku Hidatsa dan mengambil untuk berkemah mereka dekat perbatasan dari
Dakota Utara. Sebagai seorang gadis muda sekitar 10 atau 11, Utara ia ditangkap
oleh rampok dari suku Hidatsa dan dibawa ke kamp mereka di dekat perbatasan
Dakota. Dia adalah kemudiannya terniaga ke dalam perbudakan dengan Sungai
Missouri Mandans. Dia kemudian dijual ke perbudakan dengan Sungai Missouri
Mandans.
Padahal, Sacagawea dijual (atau mungkin dimenangi pada satu taruhan) ke
satu pedagang bulu Orang Perancis Kanada bernama Toussaint Charbonneau.
Akhirnya, Sacagawea dijual (atau mungkin menang dalam kontrak) untuk pedagang
bulu Prancis Kanada bernama Toussaint Charbonneau. Keterangan historis seperti
ke ketika Charbonneau mengambil Sacagawea seperti istrinya adalah dalam garis
besar dan kadang kala plin-plan. Informasi historis untuk ketika Charbonneau
mengambil Sacagawea sebagai istrinya adalah samar dan kadang kadang tidak
konsisten. Lewis dan jurnal Clark terperinci tunjuk ke Sacagawea seperti
istrinya Charbonneau pada satu masukan menanggali 4 November, 1804. Lewis Dan
Clark Jurnal Khusus Mengacu Kepada Sacagawea Sebagai Istri Charbonneau Dalam
Entri Tanggal 4 Nopember 1804.
Disewa oleh Lewis dan Clark Disewa Oleh Lewis Dan
Clark
Selama musim dingin dari 1804, Lewis dan Kesatuannya Clark dari
Penemuan penampungan sementara di Benteng Mandan di Utara Dakota, dimana
Charbonneau adalah juga pakai musim dingin dengan istrinya. Selama musim dingin
1804, Kesatuan Lewis dan Clark dari Penemuan berkemah di Meneruskan Mandan Di
Dakota Utara, di mana Charbonneau juga menghabiskan musim dingin dengan
istrinya. Sacagawea akan 15 tahun usia dan enam bulan hamil. Sacagawea sekitar
15 tahun dan enam bulan hamil. Sacagawea memberikan kelahiran ke satu anak
lelaki (Baptiste Charbonneau kain drill) di Mandan Benteng, 11 Februari, 1805.
Sacagawea melahirkan seorang anak laki laki (Baptiste Charbonneau kain drill)
di Meneruskan Mandan, 11 Februari 1805.
Charbonneau disewa untuk memandu kedua-duanya dan setengah tahun Lewis
dan ekspedisi Clark ke Barat Laut Tenang, sehubungan dengan pengetahuannya dari
negara dimana dia menjerat. Barat Laut Tenang Charbonneau dipekerjakan untuk
memandu Lewis dan dua setengah tahun dan ekspedisi Clark ke, karena
pengetahuannya tentang negara di mana ia terjebak. Toussaint adalah juga
pembicara di Perancis dan Hidatsa. Toussaint juga fasih dalam bahasa Prancis
dan Hidatsa.
Sacagawea, siapa diucapkan keduanya Shoshoni dan Hidatsa, direkrut
sebagai satu "penterjemah melalui Toussaint." Sacagawea, yang
berbicara baik Shoshoni dan Hidatsa, direkrut sebagai "penerjemah melalui
Toussaint." Dia terperinci diarah untuk membawakan Sacagawea, dengan anak
lelaki dia. Dia secara khusus diinstruksikan untuk membawa Sacagawea, dengan
putranya. Buat-buatan dari satu wanita dan bayi akan mendirikan sifat alami
tenang dari pihak. Kehadiran seorang wanita dan bayi akan menetapkan sifat
damai partai. Juga, satu penerjemah Orang Pribumi dan perunding dengan
pengetahuan dari bahasa, kebiasaan dan suku dari negara adalah penting. Juga,
seorang penerjemah dan negosiator asli dengan pengetahuan, bahasa dan adat suku
suku negara itu penting.
Penerjemah dan Pemandu dan Panduan
Meninggalkan Utara Dakota dan bepergian melalui sekarang ini Montana,
Idaho, Washington, dan Oregon, Sacagawea buktikan satu pemandu tidak ternilai.
Utara Meninggalkan Dakota Dan Perjalanan Melalui Montana Masa Kini, Idaho,
Washington, dan Oregon, Sacagawea terbukti menjadi panduan berharga. Dia
memimpin untuk negaranya sendiri, yang dia mempunyai tidak paham selama
bertahun-tahun. Dia memimpin jalan ke negara sendiri, yang ia tidak bertemu
selama bertahun tahun.
Pengetahuan dia dari tanah lapang dan puncak gunung menabung minggu
dari waktu bepergian. Pengetahuan tentang medan dan gunung melewati disimpan
minggu waktu perjalanan. Ketika makanan adalah langka sepanjang jalan kecil,
Sacagawea mengajari orang-orang bagaimana caranya mengumpulkan biji kacang,
buah beri dan pabrik yang dapat dimakan yang lain tadi tidak diketahui ke
mereka. Ketika makanan langka di sepanjang jalan, Sacagawea mengajar orang
bagaimana mengumpulkan kacang kacangan, buah dan tanaman lainnya yang dapat
dimakan yang sebelumnya tidak mereka ketahui. Ketika ekspedisi yang hadapi satu
suku dari Shoshone memimpin oleh saudara dia, Sacagawea memperoleh makanan,
kuda, dan pemandu tambahan, yang diijinkan penjelajah untuk berlanjut. Ketika
ekspedisi mengalami suku Shoshone dipimpin oleh saudara laki lakinya, Sacagawea
memperoleh makanan, kuda, dan panduan tambahan, yang memungkinkan para
penjelajah untuk melanjutkan.
Sacagawea adalah legendary untuk ketekunan dia dan kepanjangan daya
akal. Sacagawea yang legendaris karena ketekunan dan akal.
Dengan bayi anak lelaki dia batasan ke dia belakang, dia menolong
Kapten jurnalnya Clark dari Missouri Whitewater ketika kapal laut mereka
telangkup. Dengan anak bayinya terikat ke belakang, dia diselamatkan jurnal
Kapten Clark dari arung Missouri ketika perahu mereka terbalik. Kalau dia yang
tidak telah, banyak rekaman dari yang pertama tahun dari ekspedisi akan telah
kehilangan ke riwayat. Jika dia tidak, banyak catatan tahun pertama ekspedisi
akan dari sejarah missing.
Kontribusi dia jauh melebihi harapan dari keduanya Lewis dan Clark.
kontribusi nya jauh melebihi harapan dari kedua Lewis dan Clark. Sacagawea dan
bayi dia dilayani sebagai satu "berkibar putih" dari damai untuk
ekspedisi, yaitu sebanyak satu ekspedisi militer sebagai satu sesuatu ilmiah.
Sacagawea dan bayinya menjabat sebagai "bendera putih" perdamaian
untuk ekspedisi, yang lebih merupakan ekspedisi militer sebagai satu ilmiah.
Mereka memasuki berpotensi sumur wilayah bermusuhan bersenjata, tapi
undermanned, dibandingkan ke suku mereka menjumpai. Mereka memasuki wilayah
yang berpotensi baik bermusuhan bersenjata, tetapi undermanned, dibandingkan
dengan suku suku mereka bertemu.
Karena tidak ada pesta perang adalah selalu ditemani oleh satu wanita
dan bayi, tanggapan dari suku adalah kecurigaan, tidak agresi. Karena tidak ada
pihak perang yang pernah disertai oleh seorang wanita dan bayi, tanggapan dari
suku suku itu rasa ingin tahu, bukan agresi. Tidak anggota tunggal dari pihak
kehilangan ke aksi bermusuhan. Tidak satu mempermainkan kata-mengata anggota
partai telah untuk tindakan bermusuhan missing.
Sacagawea dan Charbonneau tersisa di Utara Dakota ketika ekspedisi
kembali ke Missouri pada 1806. Utara Sacagawea dan Charbonneau tetap di Dakota
Ketika Ekspedisi Kembali Ke Missouri Pada Tahun 1806.
Dihormati oleh Lewis dan Clark Dihormati Oleh Lewis Dan Clark
Sementara jurnalnya Lewis membuat sangat kecil sebut dari Sacagawea,
Clark dengan cermat terperinci kontribusinya ke sukses dari perjalanan.
Sementara jurnal Lewis menyebutkan sangat sedikit Sacagawea, Clark hati hati
rinci kontribusi ke keberhasilan perjalanan. Lewis & Clark menyebutkan satu
sungai "Sacagawea" di dia hormati. Lewis & Clark Bernama Sebuah
Sungai "Sacagawea" untuk menghormatinya.
Kematian kematian
Satu yang sengketa telah amuk untuk dekat-dekat satu abad, mengaitkan
nasibnya Sacagawea mengikuti ekspedisi. sengketa satu memiliki terjadi selama
hampir satu abad, tentang nasib Sacagawea menyusul ekspedisi.
Satu status rekening yang Sacagawea mati disebabkan satu demam di umur
25, dan bahkan rekeningnya Clark dari anggota dari tanda ekspedisinya dia
sebagai mati. Satu menyatakan menghitung yang Sacagawea meninggal karena demam
pada usia 25, dan bahkan rekening Clark dari anggota ekspedisi tandai sebagai
mati.
Rekening asli, terutama riwayat lisan Shoshoni, punyakah Sacagawea
mengawini beberapa times lagi, mempunyai sejumlah anak-anak, dan rapat atas
dengan anak lelaki Kain Drill dia Baptiste di Sungai Angin, Wyoming. hitung
asli, terutama Shoshoni sejarah lisan, memiliki Sacagawea menikah beberapa kali
lagi, memiliki jumlah anak, Kain Drill dan bertemu dengan anaknya Baptiste Di
Memutar Sungai, Wyoming. Wanita ini mati di umur 96, dan dimakamkan pada
kuburan putih di Ft. Wanita ini meninggal pada usia 96, dan dimakamkan di
pemakaman putih di Ft. Washakie sebagai satu pertunjukan final dari hormat
untuk dia usaha di kepentingan dari keduanya Lewis & Clark, dan
orang-orangnya sendiri. Washakie sebagai menunjukkan akhir menghormati upaya di
nama kedua Lewis & Clark, dan bangsanya sendiri. Satu monumen dibatang di
dia hormati di gravesite dia. Sebuah monumen dibangun untuk menghormati nya di
kuburan dia.
Lain-lain tagihan hutang bahwa teori ini meningkatkan melalui keadaan
dari salah memengira identitas, dan yang di situ adalah bukti dalam bentuk
dokumen pasti jejak itu satu kronologi lengkap dari hidup dia, dengan
meyakinkan menempatkan dia di Manuel Benteng (Selatan Dakota), pada saat
kematian dia, 20 Desember, 1812. Membohongi mengklaim bahwa teori ini berkembang
melalui situasi kesalahan identitas, dan bahwa ada bukti dokumenter yang
menentukan bahwa jejak kronologi lengkap hidupnya, secara meyakinkan
menempatkan dirinya di Meneruskan Manuel (Selatan Dakota), pada saat
kematiannya, 20 Desember 1812.
Ceritanya Sacagawea akan mengubah tergantung kepada rekening kamu
sedang membaca, bagian dari negara kamu berada di dalam, dan bagian warisan
dari pengarang dari cerita. cerita Sacagawea akan berubah tergantung pada
menghitung Anda Baca, bagian dari negara Anda, dan warisan dari penulis cerita.
Setelah jalan lintasan dari sekian banyak waktu, ini tidak mungkin bahwa
gerakan dia setelah dia meninggalkan St. Louis selalu akan diketahui dengan
kepastian. Setelah berlalunya waktu begitu banyak, tidak mungkin bahwa gerakan
setelah ia meninggalkan St Louis pernah akan diketahui dengan pasti.
Sacajawea?-Sakakawea?-Sacagawea? Sacajawea Sakakawea?-?-Sacagawea?
Berbagai ahli sejarah menidakkan berlalu asal usul, ejaan, pengucapan
kata-kata, dan berarti dari namanya. Berbagai sejarawan tidak setuju atas
derivasi, ejaan, pengucapan, dan makna namanya.
Untuk mengutip dari satu penerbitan terbaru: untuk kutipan dari
publikasi terbaru:
"…Diterjemahkan, dia menyebutkan berarti "Wanita
burung," dan pada coba mereka untuk mengeja perkataan Indian, Lewis dan
Clark mempergunakan variasi dari "Sah ca gah ah kita" dan "Sah
kah gar kita satu." (Pada 1814, ketika satu versi dari jurnal tampak, satu
editor mengubah ejaan ke Sacajawea, yaitu ejaan disukai hingga baru-baru ini,
ketika paling penerbitan ahli sejarah dan pejabat reverted kembali
Sacagawea.)" (Sumber: "Lewis & Clark. Perjalanan dari Kesatuan
dari Penemuan. Satu Menggambarkan Riwayat," oleh Dayton Duncan dan Ken
Bakar. New york: Alfred A. Knopf, 1997. Halaman 92.) Referensi tambahan ke
ejaan Sacagawea dapat ditemukan di Stephen E. Ambrose "Keberanian tidak
gentar" (Simon & Schuster, 1996). "... Diterjemahkan, namanya
berarti" Wanita Burung, "Orang Indian dan dalam upaya mereka untuk
mengeja kata kata, Lewis dan Clark digunakan variasi" Sah ca Gah kita ah
"dan" Sah kah gar kita satu. " (Pada tahun 1814, ketika sebuah
versi dari jurnal muncul, mengubah ejaan untuk Sacajawea editor, yang merupakan
ejaan disukai sampai saat ini, ketika sebagian besar sejarawan dan publikasi
resmi dikembalikan kembali ke Sacagawea.)" (Sumber: "Lewis &
Clark Sejarah. Perjalanan Korps, Penemuan Satu. Ilustrasi "oleh Dayton
Duncan dan Ken Bakar:. Knopf new york, 1997. Halaman Alfred 92. A.) referensi
tambahan untuk ejaan Sacagawea dapat ditemukan dalam E. Stephennya
Ambrose" Keberanian gentar" (Simon & Schuster, 1996).
Walau bakat mereka untuk ejaan terinspirasi menciptakan beberapa
variasi penarik perhatian, pada tiap-tiap kejadian, meliputi tiga ejaan
tambahan pada petanya Clark, semua tiga jurnalis yang mencoba menulisnya adalah
konsisten pada penggunaan dari satu "g " pada suku kata ketiga.
Meskipun bakat mereka untuk ejaan terinspirasi membuat beberapa variasi
menarik, di setiap contoh, incl. tiga ejaan tambahan pada peta Clark, semua
tiga wartawan yang mencoba untuk menulis itu adalah konsisten dalam penggunaan
"g " pada suku kata ketiga.
Lewis berikan tidak hanya terjemahannya dari ejaan dari dia menyebutkan
kecuali juga artinya. Lewis tidak hanya memberikan penafsiran tentang ejaan
namanya tapi juga artinya. Masukan jurnalnya untuk 20 Mei, 1805, bacaan:
"satu sungai tampan dari sekitar lima puluh pekarangan terukur membebaskan
sendiri ke dalam kulit [Mussellshell] sungai... ini mengalirkan kita memanggil
Sah Ca Gah kita ah atau wanita burung Sungai, setelah penterjemah kita wanita
Ular." jurnal Nya untuk Mei 20, 1805 berbunyi: "jangka sungai tampan
kulit dengan lebar sekitar lima puluh dibuang sendiri ke [Mussellshell]
sungai... arus ini kita disebut wanita Sah ca Gah kita ah atau burung Sungai,
setelah penerjemah kami Ular wanita. "
Lewis dan riwayat sarjana Clark, bersama-sama dengan Ilmu Bumi KITA
Menyebutkan Papan, Taman Pelayanan Nasional KITA, Ilmu Bumi Nasional
Masyarakat, Kumpulan Dokumen Tentang As Encyclopedia, dan Buku Dunia
Encyclopedia, antara orang lain, telah mengadopsi Sacagawea bentuk. Lewis dan
ahli sejarah Clark, bersama dengan Dewan Nama Geografis Seperti, Taman
Pelayanan Nasional kita, Masyarakat Ilmu Bumi nasional, Encyclopedia kumpulan
dokumen tentang as, Dunia Buku dan Encyclopedia, antara berada, telah
mengadopsi bentuk Sacagawea.
Biro dari Etnologi Amerika, seawal 1910 telah mestandarkan Sacagawea
mengeja di dalamnya penerbitan. Etnologi Amerika biro pena, pada awal tahun
1910 telah standar ejaan Sacagawea dalam publikasi. Ini dilafalkan sä - cä ´ gä
- kita - ä, dengan satu keras "g." Hal ini diucapkan sa cä ' gä -
kita - ä, dengan keras "g."
Berlalu tahun, sejumlah coba ilmu bahasa untuk menerjemahkan kegaiban
dari nama dia telah diterbitkan. Selama bertahun tahun, sejumlah upaya
linguistik untuk memecahkan misteri namanya telah dipublikasikan.
Shoshoni mendukung tagihan hutang dia seperti "Sacajawea"
(pengucapan sak ´ ä - jä - kita - ä), suatu format dari dia menyebutkan yang
mana telah jadi secara luas memopulerkan keduanya di ejaan dan pengucapan
kata-kata, terutama pada Barat Jauh. Shoshoni pendukung mengklaim dirinya
sebagai "Sacajawea" (diucapkan sak ' ä - ja kita - ä), suatu bentuk
namanya yang telah menjadi secara luas dipopulerkan baik dalam ejaan dan
pengucapan, terutama di Barat Jauh.
Pimpinan ini ke kerumitan bagaimanapun, karena nama dia jangan spelled
"Sacajawea" oleh dia jaman ini selama seumur hidup dia. Hal ini
menyebabkan komplikasi Namun, karena namanya tidak pernah dieja
"Sacajawea" oleh rekan nya selama hidupnya. Lebih dari itu, "Sacajawea"
tuduhan memaksudkan padanan dari "peluncur kapal laut" atau
"orang ambisius kapal laut" di Shoshoni, bantah yang Lewis dan
primernya Clark dokumentasi, "wanita burung." Selain itu,
"Sacajawea" diduga berarti setara dengan "peluncur perahu"
atau "pendorong perahu" di Shoshoni, yang bertentangan dengan Lewis
dan dokumentasi utama Clark, "wanita burung."
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar